Daftar | Login
Jum'at, 16 November 2018 - 19:42 wib
Sosialisasi 4 Pilar

Politisi Demokrat: Empat Pilar, Pondasi Keutuhan NKRI

Redaksi - SantriNews.com
Politisi Demokrat: Empat Pilar, Pondasi Keutuhan NKRIYus Sudarso (berdiri) saat sosialisasi 4 pilar kebangsaan di aula pendopo H Masdawi, di Desa Lombang, Batang-Batang, Sabtu, 8 September 2018 (santrinews.com/fathor)

Sumenep – Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR/MPR RI Dr Yus Sudarso, SH, MH, menegaskan, bahwa empat pilar kebangsaan; Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, merupakan pondasi bagi keutuhan Indonesia.

“Ibarat negara adalah sebuah kapal, empat pilar adalah kompasnya,” ujarnya saat sosialisasi 4 pilar kebangsaan di aula pendopo H Masdawi, anggota Fraksi Demokrat DPRD Sumenep di Desa Lombang, Batang-Batang, Sumenep, Sabtu, 8 September 2018.

Baca: Santri Merajut Kebhinekaan, Mengukuhkan Kedaulatan NKRI

Sebagaimana kompas, kata dia, empat pilar itu berfungsi sebagai penunjuk arah perjalanan bangsa Indonesia sejak berdiri, kini, dan masa depan.

“Kompas fungsinya untuk mengetahui tujuan kemana arah kapal itu hendak berlayar,” paparnya di hadapan ratusan peserta yang terdiri dari ulama, tokoh masyarakat dan para tokoh pemuda.

Baca juga: Mengapa Kita Wajib Membela NKRI (4)

Pak Yus —panggilan Yus Sudarso, meyakini bahwa masyarakat Madura sejatinya sudah sangat pancasilais.

Keyakinan Pak Yus itu diperkuat saat acara sosialisasi berlangsung. Para peserta terutama tokoh-tokoh pemuda banyak yang melontarkan pertanyaan-pertanyaan kritis. “Itulah keyakinan saya bahwa masyarakat Madura adalah masyarakat pancasilais yang tak dapat diragukan lagi,” ujarnya saat diwawancarai usai sosialisasi.

Kendati demikian, menurut politisi murah senyum ini, sosialisasi 4 pilar tetap sangat penting sebagai pengingat atau peringatan dini agar masyarakat selalu waspada akan potensi ancaman terhadap NKRI.

“Masyarakat harus selalu waspada akan datangnya ancaman dan berbagai gangguan yang akan merongrong kesatuan dan persatuan Republik Indonesia, baik datangnya dari dalam maupun dari luar,” ujarnya.

Baca pula: Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan, Arzeti Serukan Kebersamaan

Politisi yang berangkat dari Dapil Madura ini berharap, kesadaran akan pentingnya setiap anggota masyarakat untuk selalu meningkatkan pemahaman empat pilar ini.

“Selain dipahami, pastinya yang lebih penting agar selalu diterapakan dalam kehidupan bermasyarakat,” tandasnya.

Kegiatan sosialisasi empat pilar ini berlangsung dengan khidmat. Seluruh peserta tampak sangat antusias, terlebih acara dikemas dengan dialog atau tanya jawab dengan peserta. (*)

Tadzkirah

Kenaikan Beragama Seseorang Ditandai oleh Akhlaknya yang Baik – KH A Musthofa Bisri

-- Akhlak

Buku

Islam ala Amerika
Judul: Islam Amerika Penulis: Imam Feisal Abdul Rauf Penerbit: Bandung, Mizan Terbitan: Pertama, Desember 2013 Tebal: 351 halaman ISBN: 978-602-1210-01-7 Peresensi: M Kamil Akhyari ...