Daftar | Login
Rabu, 20 Juni 2018 - 16:48 wib
Pilgub Jatim 2018

Jawa Timur Butuh Sosok Pemimpin Religius-Nasionalis

Fathullah Uday - SantriNews.com
Jawa Timur Butuh Sosok Pemimpin Religius-Nasionalis

Situbondo – Kemajuan, perkembangan serta keamanan dan kondusifitas suatu daerah tergantung pada sosok pemimpinnya yang mampu menjaga keutuhan dalam kebhinnikaan, yakni pemimpin yang religius dan nasionalis.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Situbondo, Johantono saat menjadi keynote Speaker pada acara Dialog Intreaktif yang digelar Front Pemuda Situbondo (FPS) menjelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2018, Senin 11 Juni 2018.

Setiap pemimpin, kata mas Jhon begitu sapaan akrabnya, harus mempunyai jiwa kepemimpinan yang utuh, karena kemajemukan kultur masyarakat tidak hanya membutuhkan satu prespektif melainkan harus mengolaborasikan banyak prespektif.

“Sedikitnya bagi calon pemimpin harus mempunyai dua jiwa kepemimpinan, pertama, harus religius dalam arti memahami ajaran ajaran agama secara utuh, kedua harus nasionalis yaitu cinta tanah air dan bangsa,“ alumnus Pondok Pesantren Sumber Bunga Seletreng, Kapongan, Situbondo ini.

Menurutnya, pertumbuhan radikalisme di Jawa Timur harus ditangkal atau dicegah sedini mungkin melalui jalur kepemimpinan nasionalis religius. Dengan begitu pertumbuhan paham radikal akan dengan mudah dimusnahkan.

Pada dialog dengan tema “Pentingnya Pemimpin Religius, Nasionalis untuk mengkal paham radikalisme di Jawa Timur“ itu, dia berharap, dalam menjelang Pilgub Jatim, pemuda harus jeli mengamati sosok calon pemimpin, tentu tolak ukurnya adalah dia yang berjiwa seorang pemimpin, loyal terhadap masyarakatnya, dan berpengalaman untuk memimpin Jawa Timur.

“Lebih dari itu untuk calon pemimpin Jawa Timur harus yang memiliki jiwa religius nasionalis itu disebabkan struktur masyarakat Jawa Timur memang terbagi menjadi dua bagian itu tadi, ada yang nasionalis dan ada yang religius,“ pungkas mantan aktivis PMII Situbondo itu.

Kegiatan tersebut, dihadiri 50 peserta dari perwakilan pengurus Ranting GP Ansor se kecamatan Situbondo dan tokoh masyarakat di lingkungan Talkandang Timur Kecamatan Situbondo. (uday/onk

Tadzkirah

Kenaikan Beragama Seseorang Ditandai oleh Akhlaknya yang Baik – KH A Musthofa Bisri

-- Akhlak

Buku

Islam ala Amerika
Judul: Islam Amerika Penulis: Imam Feisal Abdul Rauf Penerbit: Bandung, Mizan Terbitan: Pertama, Desember 2013 Tebal: 351 halaman ISBN: 978-602-1210-01-7 Peresensi: M Kamil Akhyari ...