Pilgub Jatim 2018

Kiai Pasuruan: Santri Sejati Gus Dur Pasti Dukung Khofifah

Pasuruan – Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Darul Karomah Gunung Jati, Desa Kramat, Kecamatan Karton, Pasuruan, KH Jazuli Munif menegaskan dukungannya kepada bakal calon gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Kiai Jazuli menilai, Khofifah adalah santri sejati KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. “Bu Khofifah ini santrinya Gus Dur yang sejati, santrinya Gus Dur yang tidak neko-neko,” kata Kiai Jazuli, di acara silaturahim bersama 2.000-an kiai, ibu nyai, gus dan santri se-Pasuruan Raya, di pesantren yang dipimpinnya, Jumat, 26 Januari 2018.

“Beliau terbukti menjadi ketua umum Muslimat NU empat periode. Ini menunjukkan bahwa beliau tidak diragukan lagi. Ijo njobo njero (hijau luar dalam/kader NU tulen). Dhohiron wa batinan,” sambungnya disambut aplaus hadirin.

Namun untuk yang lain, Kiai Jazuli tidak menjamin karena bisa jadi hanya luarnya yang “˜hijau’, tapi dalamnya “˜merah’. “Alhamdulillah Ibu Khofifah ini ijo njobo njero. Beliau santri setianya Gus Dur, guru beliau satu-satunya adalah Gus Dur, baik di dalam ilmu politik, ilmu strategi dan lain sebagainya,” jelasnya.

Karena itu, Kiai Jazuli meyakini warga Nahdlatul Ulama (NU) akan mendukung penuh Khofifah di Pilgub Jatim 2018. “Saya kira enggak perlu dikhawatirkan lagi. Saya yakin Nahdliyin (warga NU), santri sejati Gus Dur tidak akan kemana-mana, pasti akan kepada beliau pilihannya,” ujarnya, lagi-lagi disambut aplaus hadirin.

Mendapat sanjungan dari kiai, habib dan ibu nyai, Khofifah tetap rendah hati dan meminta restu agar diberi kemudahan di Pilgub Jatim 2018 bersama Emil Dardak yang juga mantan ketua Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCI NU) Jepang.

“Mohon pangestu (restu) kiai dan habaib, saya bersama Pak Emil Dardak sudah mendaftar ke KPU sebagai calon gubernur dan wakil gubernur,” tandasnya.

Dalam kesematan tersebut, Khofifah juga memberikan bantuan dan santunan untuk 100 anak yatim. (*)

Terkait

Politik Lainnya

SantriNews Network