Daftar | Login
Sabtu, 16 Desember 2017 - 23:44 wib

Pesantren Hadir Jadi Solusi Persoalan Umat

Uswatun H - SantriNews.com
Pesantren Hadir Jadi Solusi Persoalan UmatSejumlah santri di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan (santrinews.com/antara)

Jakarta – Pondok pesantren dinilai mampu menjadi solusi persoalan umat. Karena itu, upaya pemberdayaan pesantren agar semakin mandiri sangat penting. Kemandirian pesantren punya efek bagi kehidupan ekonomi masyarakat.

Demikian disampaikan Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI Jazuli Juwaini, di Serang, Banten, Ahad, 18 Nopember 2017.

“Kalau ekonomi umat ini kuat maka sebagian besar permasalahan bangsa akan terselesaikan karena umat Islam mayoritas. Dan kita ingin solusi ekonomi itu juga lahir dan tumbuh dari pesantren-pesantren,” kata Jazuli Juwaini.

Juwaini menambahkan, pemberdayaan umat juga bisa diinisiasi lewat pesantren. Pesantren punya peran strategis untuk melakukan pemberdyaaan ekonomi keumatan.

Namun begitu, prasyarat utamanya, pesantren juga mesti punya kemandirian ekonomi yang baik. Dalam konteks itu, Jazuli berharap negara juga berperan maksimal untuk membantu pesantren sehingga bisa berperan maksimal menyelesaikan masalah keumatan.

“Ulama dan pesantren harus mengambil peran yang lebih besar dalam membangun bangsa. Sejalan dengan itu, negara harus hadir dan serius dalam memberdayakan ulama sebagai tokoh panutan dan pesantren sebagai lembaga pendidikan tertua dalam membangun bangsa,” pungkasnya. (us/onk)

Tadzkirah

Kenaikan Beragama Seseorang Ditandai oleh Akhlaknya yang Baik – KH A Musthofa Bisri

-- Akhlak

Buku

Islam ala Amerika
Judul: Islam Amerika Penulis: Imam Feisal Abdul Rauf Penerbit: Bandung, Mizan Terbitan: Pertama, Desember 2013 Tebal: 351 halaman ISBN: 978-602-1210-01-7 Peresensi: M Kamil Akhyari ...