Hari Kedua Masa Kampanye,Surya Paloh Ziarah ke Makam Gus Dur

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh bersama Ketua Umum PDI Perjuangan dalam sebuah pertemuan di Jakarta (santrinews.com/antara)

Jombang – Memasuki hari kedua masa kampanye, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dijadwalkan memimpin kampanye partai bernomor urut 1 dalam pemilu 2014 itu di lapangan Kecamatan Tembelang, Jombang, Jawa Timur.

“Kampanye di Jombang bersama saya,” ujar Sekjen Partai NasDem Patrice Rio Capella, Senin, 17 Maret 2014.

Seperti dilansir Merdeka.com, sebelum berkampanye, Surya akan menyempatkan berziarah ke makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH M Hasyim Asy’ari dan makam mantan Presiden RI keempat, KH Abdurahman Wahid (Gus Dur), di kompleks pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng.

“Sebagai bentuk penghormatan terhadap Gus Dur, baik sebagai mantan Presiden, tokoh pluralisme, tokoh agama yang amat besar jasanya bagi bangsa dan negara. Demikian juga halnya terhadap KH Hasyim Asy’ari,” ujar Surya Paloh.

Surya juga berencana untuk bertemu dengan adik Gus Dur, KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah). “Semua tokoh kita temui,” katanya.

Menurut Surya, tidak menutup kemungkinan Partai NasDem jadi partai alternatif warga Nahdliyin. “Saya pikir kalau memungkinkan, ya, baik. Tapi itu tidak perlu dipaksakan, yang penting keikhlasan hati dan kesadaran hati. Kalau masyarakat menginginkan perubahan, NasDem bisa jadi partai alternatif,” ujarnya setelah berziarah.

Surya Paloh akan didampingi jajaran petinggi Partai NasDem, baik pusat dan Jawa Timur, diantaranya adalah Ketua DPP Partai NasDem Akbar Faisal, Hasan Aminuddin, caleg DPR RI Syaifuddin, dan Mufti Mubarak.

Sementara itu, pada pagi tadi, Surya secara tidak sengaja bertemu dengan Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo, di ruang VIP Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur. Saat itu, Tjahjo sedang menunggu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk kampanye terbuka di Surabaya. Tak lama kemudian Megawati yang ditemani putrinya Puan Maharani tiba di bandara tersebut. Kedua ketua umum ini pun saling menyapa selama beberapa menit. (saif/ahay)

Terkait

Politik Lainnya

SantriNews Network