Daftar | Login
Jum'at, 17 Agustus 2018 - 16:02 wib

30 Ribu Jamaah Berburu Lailatul Qodar di Masjid Al Akbar Surabaya

Rofii - SantriNews.com
30 Ribu Jamaah Berburu Lailatul Qodar di Masjid Al Akbar Surabaya

Surabaya – Imam Ghozali dan Syekh Nawawi dalam kitab Majmu’ juz 6 hal 676, kitab Bughyah halaman 113 dan kitab Ianatut tholibin juz 2 halaman 257 mengatakan bila awal Bulan Ramadhan jatuh pada hari Kamis, maka Insyaallah Lailatul Qodar jatuh pada tanggal 25 Ramadhan.

Dari kutipan kedua ulama tersebut, masyarakat Surabaya dan sekitarnya berbondong-bondong menuju Masjid Al Akbar Surabaya, Sabtu malam, 9 Juni 2018, yang bertepatan dengan 25 Ramadhan.

“Sebanyak 45 pintu masjid sudah terbuka sejak bakda tarawih,” kata H Helmy M Noor, Humas Masjid Al Akbar Surabaya.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan bersama putranya juga mengikuti Qiyamul Lail, Sahur Bersama dan Jamaah Shubuh.

Selain itu Helmy mengatakan sudah mempersiapkan semuanya, termasuk membersihkan dan mensucikan lantai dua. Hal ini bertujuan mengantisipasi membludaknya jamaah. “Alhamdulillah kami menyiapkan dengan baik. Lantai dua di utara, selatan dan timur penuh,” lanjutnya.

Menurut Helmy perkiraan 30 ribu lebih jamaah yang memburu malam lailatul qodar. “Qiyamul lail telah dilaksanakan sejak pukul 01.00 – 03.00 WIB dan para jamaah mengikuti dengan hikmah,” ungkap Ketua LDNU Surabaya ini.

Imam shalat qiyamul lail KH Abdul Hamid Abdullah Imam Besar Masjid Al Akbar dengan rincian qiyamul lail adalah shalat tahajud empat rakaat, shalat tasbih empat rakaat dan diakhiri shalat hajat dua rakaat. (*)

Tadzkirah

Kenaikan Beragama Seseorang Ditandai oleh Akhlaknya yang Baik – KH A Musthofa Bisri

-- Akhlak

Buku

Islam ala Amerika
Judul: Islam Amerika Penulis: Imam Feisal Abdul Rauf Penerbit: Bandung, Mizan Terbitan: Pertama, Desember 2013 Tebal: 351 halaman ISBN: 978-602-1210-01-7 Peresensi: M Kamil Akhyari ...