Daftar | Login
Minggu, 21 Oktober 2018 - 07:35 wib

Presiden Jokowi Resmikan Pesantrenpreneur di Pesanten Byat al Hikmah

Uswatun H - SantriNews.com
Presiden Jokowi Resmikan Pesantrenpreneur di Pesanten Byat al HikmahPresiden Joko Widodo didampingi Ketua Umum MUI KH Maruf Amin (kiri), Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso (kedua kanan) serta Ketua Bank Wakaf Mikro Tanara Syamsudin meninjau lokasi saat peluncuran Bank Wakaf Mikro Tanara, di Serang, Banten, Rabu 14

Pasuruan – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) akan meluncurkan program Hipmi Goes to Pesantren di Pondok Pesanten Byat al Hikmah, Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu, 12 Mei 2018. Sebanyak 10 ribu santri dan ratusan ulama bakan hadir.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan hadir sekaligus akan meresmikan toko atau kios ritel modern Umat Mart atau Ummart yang diinisiasi oleh HIPMI dalam acara peluncuran program tersebut.

Baca: Semangati Para Santri, Presiden Jokowi: Saya Tak Punya Modal Apa-apa

“Beliau (Jokowi) sejak awal sangat mendukung semua program terkait pemberdayaan ekonomi umat. Apalagi beliau juga dikenal concern memperbesar pengembangan ekonomi syariah di Tanah Air,” kata Ketua Hipmi Jawa Timur Mufti Anam di Surabaya, Kamis, 10 Mei 2018.

HIPMI Jatim menjadikan 10 pondok pesantren di wilayah Jatim sebagai proyek percontohan pengembangan “pesantrenpreneur” atau program penguatan ekonomi berbasis pesantren.

“Program pesantrenpreneur ini akan dijalankan secara terintegrasi, mulai pelatihan, pendampingan, permodalan, hingga pemasaran. Tujuannya untuk melahirkan santri pengusaha yang bisa menjadi penopang ekonomi ummat,” kata Mufti Anam.

Baca juga: Pesantren, Agen Pemberdayaan Ekonomi Umat

Mufti menagaskan, salah satu wujud awal program ini adalah pembukaan gerai berkonsep syariah yang diberi nama Ummart di 10 pesantren yang menjadi sarana pemasaran produk-produk yang dihasilkan para santri, ditambah produk UMKM di sekitar pesantren, maupun produk umum dari perusahaan.

Sementara itu, Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Bahlil Lahadalia mengatakan pihaknya telah membuat program Hipmi Goes to Campus dan Jambore Hipmi pada 2016, dan pada 2017 menyelenggarakan program Hipmi Goes to School. Kemudian, pada 2018 ini, diluncurkan Hipmi Goes to Pesantren.

Baca Juga: Dorong Kemandirian Ekonomi di Pesantren, BI Siapkan Tiga Program Khusus

“Harapan kami, adik-adik santri ini selain menempuh pendidikan agama, mengubah nasib mereka juga untuk jadi entrepreneur,” katanya.

Ritel modern Ummart menggandeng Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) untuk penyediaan produk yang dijual di gerainya. Hipmi optimistis prospek bisnis ritel modern ini cerah ke depannya karena pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini juga ditopang oleh konsumsi, termasuk ritel.

Presiden bertolak dari Jakarta ke Jatim dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1. ‚ÄúTiba pada pukul 10.55 WIB di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Sabtu, 12 Mei 2018.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Timur adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil.

Selanjutnya Staf Khusus Presiden Sukardi Rinakit, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono. (us//ist)

Tadzkirah

Kenaikan Beragama Seseorang Ditandai oleh Akhlaknya yang Baik – KH A Musthofa Bisri

-- Akhlak

Buku

Islam ala Amerika
Judul: Islam Amerika Penulis: Imam Feisal Abdul Rauf Penerbit: Bandung, Mizan Terbitan: Pertama, Desember 2013 Tebal: 351 halaman ISBN: 978-602-1210-01-7 Peresensi: M Kamil Akhyari ...