Daftar | Login
Selasa, 24 April 2018 - 09:29 wib

Ketum PPP: Dalil Cinta Tanah Air Ada di Dalam Al-Quran dan Hadis

Nashiruddin - SantriNews.com
Ketum PPP: Dalil Cinta Tanah Air Ada di Dalam Al-Quran dan HadisKetua Umum PPP M Romahurmuziy alias Gus Rommy, saat orasi di Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Pacet, Mojokerto, Jumat 16 Maret 2018 (santrinews.com/ist)

Sragen – Ketua Umum PPP, Romahamurmuziy menegaskan bahwa kelompok yang selama ini menyuarakan khilafah di Indonesia tidak memiliki rasa nasionalisme. Sebab, mereka menganggap konsep nasionalisme tidak ada dalam Islam.

Baca: Islam dan Nasionalisme Keturunan Arab Sepanjang Sejarah

“Di Al-Quran dan Hadis sudah ada dalil tentang cinta Tanah air dan itu adalah nasionalisme,” kata Rommy saat ceramah di Pengajian Rutin Lapangan Pondok Pesantren Nurul Huda, Desa Kliwonan, Masaran, Sragen, Jawa Tengah, Sabtu malam, 31 Maret 2018.

Menurut dia, para pejuang Islam yang berasal dari kalangan kiai dan santri di masa kemerdekaan pun menunjukkan kecintaannya pada Indonesia dengan berjuang. Mereka juga ikut berjuang menyusun Pancasila yang berlandaskan ‘Bhinneka Tunggal Ika’. Pejuang Islam ingin Indonesia bersatu di tengah perbedaan.

Baca Juga: Nasionalisme Ulama Pilar Utama Bangsa Indonesia

“Kelompok yang ingin memecah-belah dan mengusung khilafah pasti tidak terlibat perjuangan kemerdekaan,” ujar Rommy.

Menurut dia, semua perbedaan, baik agama, suku, dan beda pilihan politik seharusnya tidak malah melahirkan perpecahan. Sebaliknya, harmoni keberagaman tersebut seharusnya jadi kekayaan Indonesia.

Baca Juga: Romy Temui Ulama di Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukerejo

Rommy tak ingin Indonesia tidak terjadi perpecahan akibat perbedaan seperti di berbagai negara mayoritas Islam, khususnya di Timur Tengah. (shir/onk)

Tadzkirah

Kenaikan Beragama Seseorang Ditandai oleh Akhlaknya yang Baik – KH A Musthofa Bisri

-- Akhlak

Buku

Islam ala Amerika
Judul: Islam Amerika Penulis: Imam Feisal Abdul Rauf Penerbit: Bandung, Mizan Terbitan: Pertama, Desember 2013 Tebal: 351 halaman ISBN: 978-602-1210-01-7 Peresensi: M Kamil Akhyari ...