Daftar | Login
Rabu, 20 September 2017 - 17:57 wib

10 Siswa Madrasah Aliyah Terpilih Jadi Peserta Parlemen Remaja 2017

Redaksi - SantriNews.com
10 Siswa Madrasah Aliyah Terpilih Jadi Peserta Parlemen Remaja 2017

Jakarta – Sepuluh siswa Madrasah Aliyah terpilih sebagai peserta Parlemen Remaja 2017, yang diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal DPR RI pada 10-15 September 2017 di Bogor dan Jakarta.

Salah satu peserta terpilih Putri Azizah Restu Bumi menjelaskan bahwa para peserta dipilih melalui seleksi secara online dengan mengirimkan esai tentang Peran Parlemen dalam Menyelamatkan Generasi Muda dari Ancaman Narkoba, pada tanggal 14 Agustus 2017.

Ada sekitar 8000 pengirim esai, namun hanya 136 yang terpilih sebagai peserta Parlemen Remaja 2017. Kegiatan Parlemen Remaja 2017 ini berlangsung di sejumlah lokasi, yakni Wisma DPR Bogor, Balai Rehabilitasi BNN Bogor dan Gedung DPR-MPR Jakarta.

Kegiatan ini bertujuan untuk memasyarakatkan fungsi dan peranan DPR kepada generasi remaja, memberikan pemahaman tentang proses membuat kebijakan publik, serta meningkatkan pemahaman tentang proses demokrasi.

“Saya senang sekali dengan kegiatan ini. Semua peserta diajarkan tentang dunia politik. Pendidikan ini bisa membentuk generasi yang tak asal ngomong,tak asal protes atau kritik,” ungkap Azizah yang kini tercatat sebagai siswi dari MAN IC Batam.

Saat mengikuti proses seleksi online, siswi kelahiran Batam 7 Maret 2001 ini mengirimkan esai dengan judul “Parlemen dan generasi muda pertiwi anti narkoba.”

Putri pasangan Aji Santoso dan Evy Japrijanti ini mengaku banyak mendapat pengalaman baru mengikuti kegiatan ini. Dia menjadi tahu bagaimana proses pembentukan suatu undang-undang. Selain dibekali materi tentang ke-DPR-an serta gerakan anti narkoba, peserta juga melakukan simulasi sidang DPR.

Kegiatan ini akan ditutup dengan tour kampus ke Universitas Indonesia pada Jumat 15 September 2017 mendatang.

Berikut ini daftar 10 siswa madrasah peserta Parlemen Remaja 2017:
1. Putri Azizah Restu Bumi (MAN IC Batam)
2. Muhammad Rijalul Fikri (MAN IC Bengkulu)
3. Sriwahyu Ningsi Hengki (MAN IC Gorontalo)
4. Jennifer Irene Amorita Hadiono (MAN IC Gorontalo)
5. Nadia Diena Nasuha (MAN IC Gorontalo)
6. M. Rafif Hasnum (MAN IC Jambi)
7. Nadya Salsabila (MAN 2 Hulu Sungai Tengah, Kalsel)
8. Qanaiya Yosheila Kinasih (MAN 2 Palangkaraya, Kalteng)
9. Ruhil Aziz Sarah (MA al-Munawaroh, Papua)
10. Muhammad Ramzy Muliawan (MAN 2 Pekanbaru Riau)

Tadzkirah

Kenaikan Beragama Seseorang Ditandai oleh Akhlaknya yang Baik – KH A Musthofa Bisri

-- Akhlak

Buku

Islam ala Amerika
Judul: Islam Amerika Penulis: Imam Feisal Abdul Rauf Penerbit: Bandung, Mizan Terbitan: Pertama, Desember 2013 Tebal: 351 halaman ISBN: 978-602-1210-01-7 Peresensi: M Kamil Akhyari ...

Pojok Santri

Dalam Proses
Oleh: Abdul Hady JM
Seseorang yang terlalu memikirkan akibat dari suatu keputusan atau tindakan, sampai kapan pun dia tidak akan menjadi pemberani. — Ali bin Abi Thalib ...