Daftar | Login
Senin, 20 November 2017 - 20:15 wib

Saksi Ahli Soal Kasus Henry: Perdata Dulu, Baru Pidana

En Faisal - SantriNews.com
Saksi Ahli Soal Kasus Henry: Perdata Dulu, Baru PidanaDjisman Samosir dari Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, saat hadir jadi saksi ahli di PN Surabaya (santrinews.com/faisal)

Surabaya – Sidang praperadilan dengan pemohon Henry J Gunawan kembali digelar di Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur, pada Senin, 11 September 2017. Dipimpim hakim tunggal Pujo Saksono, saksi ahli dari Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, Jawa Barat, Djisman Samosir dihadirkan pemohon.

Djisman mengatakan, hukum pidana bersifat Ultimum Remedium. Artinya, apabila sebuah perkara bisa ditempuh di luar pidana, maka proses pidana bisa tidak dilakukan. “Hukum pidana itu seperti pedang bermata dua,” katanya dalam sidang. 

Djisman menerangkan itu berkaitan dengan proses perkara dugaan penipuan dan penggelapan yang kini mendakwa Henry. Di sisi lain, praperadilan bos PT Gala Bumi Perkasa itu juga berjalan. Kendati saat praperadilan diajukan jaksa membacakan surat dakwaan perkara penipuan, maka praperadilan itu bisa diteruskan.

Menurut Djisman, berdasarkan Pasal 156 ayat (1) KUHAP, yang dimaksud materi pokok perkara bukanlah saat dakwaan dibacaka. Pembacaan dakwaan bukan berarti pokok perkara sudah diperiksa. “Perkara pokok bisa dikatakan sudah diperiksa, setelah sudah ada pemeriksaan saksi dan pembuktian lain dalam sidang,” tandasnya. 

Dengan begitu, lanjut Djisman, praperadilan tetap bisa diajukan dan disidangkan kendati saat yang sama dakwaan perkara pidana dengan terdakwa pemohon praperadilan dibacakan. Perkara pidana yang menjerat Henry bisa dihentikan jika praperadilannya dikabulkan oleh hakim.

“Karena pembacaan dakwaan hanya masih pelaksanaan prosedur, sedangkan pemeriksaan pokok perkara sudah masuk subtansi,” kata Djisman.

Ketua tim kuasa hukum Henry, M Sidik Latuconsina, mengatakan bahwa berdasarkan keterangan saksi ahli seharusnya sidang perkara pidana yang didakwakan kepada kliennya ditunda dulu, menunggu putusan praperadilan. gugatan praperadilan ini harus tetap dijalankan,” ujarnya usai sidang.

Henry didakwa melakukan dugaan penipuan dan penggelapan jual beli tanah yang berlokasi di Malang beberapa tahun lalu. Pelapornya ialah seorang notaris bernama Caroline. Henry dinilai tidak menyerahkan sertifikar lahan yang dijual, malah dialihkan ke pihak lain. (enef/hay)

Tadzkirah

Kenaikan Beragama Seseorang Ditandai oleh Akhlaknya yang Baik – KH A Musthofa Bisri

-- Akhlak

Buku

Islam ala Amerika
Judul: Islam Amerika Penulis: Imam Feisal Abdul Rauf Penerbit: Bandung, Mizan Terbitan: Pertama, Desember 2013 Tebal: 351 halaman ISBN: 978-602-1210-01-7 Peresensi: M Kamil Akhyari ...