Hari Santri Nasional

Lepas Kirab Hari Santri, Ketum PBNU: Bukan Riya, Tapi Menghormati KH Hasyim Asyari

Surabaya – Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) melepas Kirab Hari Santri Nasional (KHSN) dari pelataran Tugu Pahlawan Surabaya, Ahad, 18 Oktober 2015.

Acara yang diawali dengan jalan sehat seribu santri bertajuk “Sarung Fun Run” dari Kantor PCNU Jalan Bubutan ke Tugu Pahlawan itu juga dihadiri Wakil Ketua Umum PBNU Slamet Effendy Yusuf dan Sekjen PBNU Helmy Faishal Zain.

Selain itu, hadir pula jajaran Syuriah PWNU Jatim yakni KH Agoes Ali Masyhuri, Ketua PWNU Jatim KH Mutawakkil Alallah, KH Jazuli Noor, dan KH Abdurrahman Navis, dan Ketua Panitia KHSN Jatim H A Halim Iskandar yang memimpin jalan sehat dari Kantor PCNU Surabaya ke Tugu Pahlawan.

“Ini (KHSN) bukan riya’ (pamer), tapi penghormatan kepada Hadratussyeikh KH Hasyim Asy’ari dan para ulama lainnya yang menetapkan Resolusi Jihad yang berisi bahwa membela Tanah Air itu fardhu ain (kewajiban individual),” kata Kiai Said Aqil.

Menurut dia, Resolusi Jihad itulah yang melahirkan “intifadhah” (penyerangan secara massal) oleh masyarakat terhadap Tentara Sekutu (NICA). “Resolusi Jihad itu sendiri lahir atas permintaan Presiden Soekarno yang mengirim utusan ke Pesantren Tebuireng untuk meminta Kiai Hasyim Asy’ari bersama para ulama menggerakkan masyarakat untuk melawan NICA,” katanya.

Akhirnya, KH Hasyim Asy’ari selaku Rais Akbar PBNU mengajak para ulama berkumpul di Kantor PBNU yang sekarang merupakan Kantor PCNU di Jalan Bubutan VI/2, Surabaya, sehingga lahirlah resolusi. “Jadi, Pertempuran 10 November 1945 yang akhirnya diperingati sebagai Hari Pahlawan itu merupakan perlawanan tanpa komando, melainkan bermodal fatwa Jihad fi-Sabilillah,” katanya.

Perlawanan itu dipimpin secara teknis oleh KH Wahab Chasbullah sebagai pelaksana yang bermarkas di Waru (Sidoarjo) dengan dukungan KH Masykur dari Malang dan KH Abbas dari Cirebon. “Hasilnya, rakyat menang, bahkan pimpinan Tentara Sekutu Brigjen Mallaby pun tewas. Dalam film ‘Sang Kiai’ disebutkan bahwa Brigjen Mallaby tewas karena mobilnya dilempari bom oleh santri Tebuireng bernama Harun,” katanya.

Oleh karena itu, penetapan Hari Santri Nasional yang ditetapkan Presiden Joko Widodo pada setiap tanggal 22 Oktober merupakan pengakuan pada perjuangan para kiai.

“Tanpa KH Hasyim Asy’ari dan para santri, maka Resolusi Jihad takkan pernah ada. Tanpa Resolusi Jihad, maka Pertempuran 10 November takkan terjadi. Tanpa Pertempuran 10 November, maka kemerdekaan takkan pernah tercapai,” katanya. (rus/Ant)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network