Muktamar NU

Gus Ipul: Cikal Bakal NU dari Wali Songo

H Saifullah Yusuf alias Gus Ipul (santrinews.com/dok)

Gresik – Wakil Gubernur Jawa Timur H Saifullah Yusuf yang juga ketua panitia daerah Muktamar ke 33 NU mengatakan, cikal bakal Nahdlatul Ulama berasal dari para Wali Songo. Dari penyebar Islam di Indonesia itu, para ulama seperti KH Hasyim Asyari lalu melanjutkan dengan mendirikan NU.

“Cikal bakal NU berasal dari para Wali Songo yang diteruskan Mbah Hasyim Asyari dengan mendirikan organisasi NU,” kata Gus Ipul – sapaan akrab Saifullah Yusuf saat berziarah ke makam Sunan Giri, Gresik, Jumat 8 Mei 2015.

Gus Ipul ziarah ke makam Sunan Giri untuk mensosialisasikan Muktamar ke 33 NU yang akan digelar di Jombang pada 1-5 Agustus 2015. Ikut dalam rombongan Gus Ipul, diantaranya Bupati Sambari Halim Radianto dan Wakil Bupati Mohammad Qosim.

Tampak pula dalam rombongan, diantaranya Ki Ageng Ganjur, vokalis Grup Band Fadly Padi dan rocker jadul Mell Shandy yang terkenal jago juga melantunkan ayat Alquran.

“Dengan adanya wali ini, NU muncul,” sambungnya.

Di hadapan para penziarah, Gus Ipul meminta doa restu agar pelaksanaan Muktamar NU di Jombang berjalan lancar dan sukses.

Selain ke Gresik, Gus Ipul juga keliling di 9 kabupaten dan kota di Jatim, dimulai dari Banyuwangi, Pasuruan, Malang, Sidoarjo, Tulungagung, Madiun, Nganjuk, dan Tuban.

“Mulai dari Timur sampai Barat kami lewati untuk kelancaran Muktamar. Saya mohon doa restu dari semua, semoga Indonesia yang mayoritas Islam ini bisa kondusif,” ujarnya. (hay)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network