Film Sang Kiai

Cermin Nasionalisme Kiai Pesantren

Poster Film 'Sang Kiai'.

Jakarta – Ketua Umum PP GP Ansor Nusron Wahid menilai film ‘Sang Kiai’ memiliki nilai-nilai positif yang bisa diteladani generasi muda di Indonesia, khususnya terkait nasionalisme dan makna jihad.

Film ini menggambarkan bagaimana KH M Hasyim Asyari dan kiai-kiai NU turut serta secara langsung dalam perjuangan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Menurut Nusron generasi muda bisa belajar mengenai nasionalisme dan keislaman dalam film yang dibintangi Ikranegara tersebut.

“Film ini memberi teladan bagi anak muda sekarang tentang nasionalisme,” ujar Nusron usai menonton bareng film ‘Sang Kiai’ bersama beberapa tokoh di XXI Plaza Senayan, Jakarta, Kamis, 6 Juni 2013, seperti dilansir tribunnews.com.

Nusron juga menyebut film ini bisa dijadikan sarana untuk meluruskan makna jihad yang belakangan ini kerap disalah artikan oleh beberapa kelompok tertentu, sehingga membuat makna jihad menjadi sempit dan negatif.

“Yang paling concern itu soal makna jihad. Sekarang kan jihad malah diartikan membunuh, atau bom bunuh diri yang merugikan orang, padahal kita sudah dalam keadaan merdeka. Atau malah mengaku jihad justru merongrong dan merugikan negara,” imbuhnya.

Menurutnya generasi muda perlu diberikan pemahaman mengenai makna jihad yang sesungguhnya, bukan jihad yang justru diartikan dalam artian sempit dan keliru.

Dan film Sang Kiai ia nilai mampu memberikan pembelajaran dan pemahaman tersebut. “Ini penting diluruskan,” katanya. (ahay/saif).

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network