Daftar | Login
Jum'at, 16 November 2018 - 19:40 wib

Halaqah Kepemudaan Ansor Gapura Soroti Maraknya Berita Hoax

Redaksi - SantriNews.com
Halaqah Kepemudaan Ansor Gapura Soroti Maraknya Berita Hoax

Sumenep – Berita Hoax selalu menjadi benalu yang sangat meresahkan di tengah-tengah masyarakat. Pemberitaan yang mengandung fitnah dan seringkali mencemarkan nama baik seseorang ini menjadi problem yang harus disikapi.

Kenyataan inilah yang mendorong Pengurus Ranting Gerakan Pemuda Ansor Gapura Tengah, Sumenep menggelar Halaqah Kepemudaan dengan tema “Hijrah Dari Yang Hoax Menuju Yang Haq”, pada Kamis sore, 6 September 2018.

Kegiatan dalam rangka menyambut bulan Muharram 1440 H ini ditempatkan di Rumah Dr Muhlisi M.Pd, Dusun Tenggina, Gapura Tengah Sumenep dan dihadiri oleh puluhan kader Ansor.

“Kami sangat bangga dan mengapresiasi semangat kader Ranting Ansor Gapura Timur ini atas beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan, termasuk Halaqah Kepemudaan ini,” terang Muhlisi saat memberikan sambutan di hadapan puluhan peserta.

Pengurus Bidang Riset dan Kajian Strategis PC GP Ansor Sumenep ini menambahkan, bahwa tema tentang berita hoax yang diangkat di acara Halaqah ini juga sangat penting untuk mendorong kaum Muda Ansor dalam menyikapi maraknya pemberitaan hoax yang selama ini marak terjadi.

“Ini sangat penting untuk terus mendorong Kader Ansor berperan aktif dalam menyikapi berita Hoax,” imbuh Muhlisi.

Sementara itu, Abd. Sukkur Rahman, pemateri Halaqah Kepemudaan menjelaskan bahwa selama ini berita hoax menjadi ancaman tersendiri terhadap kesatuan bangsa.

Banyaknya fitnah dengan tujuan adu domba dan mencemarkan nama baik seseorang sengaja disebar luarkan oleh oknum tertentu sehingga hal itu perlu disikapi dengan baik.

“Ini persoalan yang menjadi tantangan kita semua, lebih-lebih karena karena berita Hoax selama ini juga banyak menyerang tokoh-tokoh ulama NU yang kita cintai,” terang Sukkur.

Di hadapan peserta, pria asal Batang Batang ini juga menjelaskan beberapa kriteria berita hoax yang harus diwaspadai.

Ia menghimbau agar kader Ansor memberikan pemahaman dan penyadaran kepada masyarakat luas agar tidak mudah terpengarus oleh pemberitaan hoax yang yang sengaja ditulis dan disebarkan secara bohong dan tidak jelas sumbernya.

“Pemberitaan seperti ini jelas menyimpang dari Kode Etik Jurnalistik, yang seharusnya menjadi pedoman setiap jurnalis,” pungkasnya.

Tadzkirah

Kenaikan Beragama Seseorang Ditandai oleh Akhlaknya yang Baik – KH A Musthofa Bisri

-- Akhlak

Buku

Islam ala Amerika
Judul: Islam Amerika Penulis: Imam Feisal Abdul Rauf Penerbit: Bandung, Mizan Terbitan: Pertama, Desember 2013 Tebal: 351 halaman ISBN: 978-602-1210-01-7 Peresensi: M Kamil Akhyari ...