Banser Sumenep Blusukan ke Pasar Bagikan Santunan

Sumenep – Ratusan pasukan Banser yang tergabung di Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) zona V Kabupaten Sumenep, blusukan di Pasar Candi Kecamatan Dungkek, Ahad, 21 Januari 2018, untuk membagikan santunan sosial.

Sasaran santunan adalah para pedagang kecil dan pengunjung Pasar Candi. Mereka berbondong-bondong berjalan kaki sejauh dua kilo meter dari tempat kegiatan Diklatsar Banser Zona V, di Yayasan Taufiqurrahman Batang-Batang, untuk memberikan santunan berupa nasi.

Usai dari Pasar Candi, mereka melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 7 kilo meter ke Pantai Lombang untuk melanjutkan rangkaian kegiatan Diklatsar yang dikomando langsung oleh Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) PC GP Ansor Sumenep.

Kasatkorcab Banser Sumenep Naufan Hammam mengatakan, bhakti sosial ini dilakukan dalam rangka memantapkan semangat dan kepekaan kader baru Banser terhadap sesama.

“Dengan begitu, Diklatsar tidak hanya sebatas pendidikan dan latihan, melainkan mereka juga dilatih menanamkan nilai-nilai kepedulian sosial sebagai bagian dari budaya kita,” terang Naufan.

Pernyataan senada juga diungkapkan oleh Abd. Sukkur Rahman, Wakil Ketua Panitia Diklatsar Banser Zona V, Satkorcab PC GP Ansor Sumebep.

Menurut Sukkur, lokasi Bhakti Sosial itu sengaja mengambil pasar, karena pasar merupakan tempat yang sangat strategis untuk menyampaikan pesan-pesan moral guna mengajak dan mendorong masyarakat peduli sesama.

“Di pasar, semua orang berkumpul, mulai dari padagang kecil, pengunjung dan pembeli, melakukan transaksi. Karena itu, dakwah tidak harus di masjid, mushallah, melainkan juga bisa di tempat-tempat ramai seperti pasar,” ujarnya.

Sukkur juga berharap, kegiatan Bhakti Sosial seperti ini terus dilanjutkan ke depan sebagai bagian dari peran Banser yang selama ini telah menunjukkan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik.

“Ini adalah bagian dari Komitmen Banser dan Ansor yang harus dijalankan dengan baik, dan kedepan kita akan terus melakukan yang terbaik,” pungkasnya. (rus/onk)

Terkait

Daerah Lainnya

SantriNews Network