Daftar | Login
Sabtu, 16 Desember 2017 - 23:44 wib

Poso, Pusat Laboratorium Kerukunan Beragama

Nashiruddin - SantriNews.com
Poso, Pusat Laboratorium Kerukunan Beragama

Poso – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Tengah mendorong Kabupaten Poso sebagai pusat kajian kerukunan umat beragama.

“Poso menjadi kabupaten sebagai laboratorium kebangsaan dan keberagamaan. Kerukunan keberagamaan di Poso telah teruji,” ungkap Ketua FKUB Sulawesi Tengah Jamaluddin Mariadjang pada pertemuan silaturahim dengan FKUB Poso di Kantor Jemaat Klasis Poso Kota, Jumat malam, 17 Nopember 2017.

Jamaluddin mengemukakan kebangsaan dan keberagamaan di Kabupaten Poso telah di uji dengan berbagai dinamika dan perisriwa sosial keagamaan yang terjadi di daerah tersebut.

Ujian itu, sebut dia tidak meruntuhkan nilai-nilai persudaraan dan kerukunan antaragama di Kabupaten Poso.

Karena itu, Poso layak menurut FKUB untuk menjadi simbol kerukunan beragama, serta pusat kajian kerukunan keberagama.

“Pemerintah Kabupaten Poso lewat Wakil Bupati T Samsuri telah memberikan respon yang baik, yang luar biasa kepada FKUB dan Unsimar untuk mengimplementasikan hal ini,” ujarnya.

Hal itu akan diawali dengan dilakukannya penelitian dan kajian oleh akademisi di Universitas Sintuwu Maroso (Unsimar) Poso. Penelitian akan mengarah pada pendalaman tentang penguatan nilai-nilai potensi kearifan lokal sebagai modal menangkal radikalisme dan intoleransi.

FKUB terus berupaya memelihara ketentraman dan kedamaian yang memberikan dampak terhadap keberagamaan.

Terkait hal itu Ketua FKUB Poso Yusuf Runa mendukung gagasan FKUB Sulawesi Tengah untuk Poso sebagai pusat kajian kerukunan beragama.

“Ini penting, FKUB Poso akan mendorong dan bersama-sama Unsimar untuk melakukan kajian pendalaman terhadap kerukunan keberagamaan dengan membangkitkan kearifan lokal,” sebutnya.

Dukungan juga disampaikan oleh Pendeta Jemaat Klasis Poso Kota Budi S Tarusu, yang memandang bahwa gagasan itu memberikan dampak yang signifikan terhadap ketentraman dan perdamaian di Bumi Poso.

Ia menambahkan gagasan tersebut jika terimplementasi maka akan menyatukan umat. (shir/ant)

Tadzkirah

Kenaikan Beragama Seseorang Ditandai oleh Akhlaknya yang Baik – KH A Musthofa Bisri

-- Akhlak

Buku

Islam ala Amerika
Judul: Islam Amerika Penulis: Imam Feisal Abdul Rauf Penerbit: Bandung, Mizan Terbitan: Pertama, Desember 2013 Tebal: 351 halaman ISBN: 978-602-1210-01-7 Peresensi: M Kamil Akhyari ...